Kepala Sekolah

Drs. Ramadansyah, M.Pd.

NIP. 19671213 199303 1 005

Banner
SNMPTNBidikmisiDinas Pendidikan Kota Padang
Jajak Pendapat
Bermanfaatkah Website sekolah bagi anda
Ragu-ragu
Tidak
Ya
  Lihat
Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini ?
Bagus
Cukup
Kurang
  Lihat
Agenda
15 August 2018
M
S
S
R
K
J
S
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8

Pendidikan menengah umum berfungsi (a) meningkatkan, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai keimanan, akhlak mulia, dan kepribadian luhur; (b) meningkatkan, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai kebangsaan dan cinta tanah air; (c) mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi; (d) meningkatkan kepekaan dan kemampuan mengapresiasi serta mengekspresikan keindahan, kehalusan, dan harmoni; (e) menyalurkan bakat dan kemampuan di bidang olahraga, baik untuk kesehatan dan kebugaran jasmani maupun prestasi; dan (f) meningkatkan kesiapan fisik dan mental untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi dan/atau untuk hidup mandiri di masyarakat.

Pendidikan menengah bertujuan membentuk peserta didik menjadi insan yang (1) beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, dan berkepribadian luhur; (2) berilmu, cakap, kritis, kreatif, dan inovatif; (3) sehat, mandiri, dan percaya diri; dan (4) toleran, peka sosial, demokratis, dan bertanggung jawab.

Rencana Strategi Pengembangan SMA NEGERI 3 PADANG :

  1. Rencana Jangka Menengah 8 Tahun ( 2010-2018)
    1. Menjadi sekolah SBI yang diminati masyarakat dan faforit di sumatra Barat
    2. Lulusan  mampu menguasai bahasa Inggris dengan skor TOEFL minimal 450 dan dapat mengikuti ujian yang bersifat internasional.
    3. Memiliki delegasi dan juara di arena Olympiade  Nasional maupun Internasional dan atau ikut dan berperan aktif dalam even-even Nasional dan Internasional.
    4. Lulusan SMA NEGERI 3 PADANG mampu membaca Al-Quran dengan baik dan ada yang jadi Da’i
    5. Guru dan karyawan menguasai conversation (mampu bercakap-cakap dengan bahasa inggris) dan 50 % S2
    6. Tetap mengimplementasikan Sekolah Ramah Sosial.
    7. Menjalin Sister dengan sekolah-sekolah dalam negeri dan di negara Maju.
      1. Menjadi sekolah yang diminati masyarakat.
      2. Lulusan SMA NEGERI 3 PADANG mampu menguasai Bahasa Inggris dengan skor TOEFL minimal 450.
      3. Memiliki delegasi di arena Olympiade Sains Nasional maupun Internasional dan atau ikut berperan aktif dalam even-even Nasional dan Internasional.
      4. Lulusan SMA NEGERI 3 PADANG mampu membaca Al-Quran dengan baik.
      5. Guru dan karyawan menguasai conversation (mampu bercakap-cakap dengan bahasa inggris).
      6. Terimplementasinya Sekolah Ramah Sosial.
      7. Menjalin Sister dengan sekolah-sekolah dalam negeri dan di negara OECD.
  1. Rencana Jangka Menengah 4 Tahun ( 2010-2014)
  1. Tahun Pertama (Tahun Pelajaran 2010-2011)

Pada Tahun pertama, langkah yang ditempuh adalah sebagai berikut :

  1. Melakukan sosiaslisasi kepada seluruh stake holders, tentang rencana kedepan SMA Negeri 3 Padang yang akan dicapai.
  2. Melakukan penyamaan persepsi dengan seluruh elemen yang terlibat dalam penyelenggaraan pendidikan di SMA NEGERI 3 PADANG, tentang budaya profesional dalam rangka mencapai target-target yang sudah ditentukan.
  3. Melakukan Up Grade terhadap guru-guru dalam penguasaan Bahasa Inggirs, dan kemampuan IT.
  4. Melakukan pembenahan sarana dan prasarana pendukung terhadap pencapaian target-target yang sudah ditetapkan.
  5. Melakukan evaluasi yang menyeluruh tarhadap perencanaan yang sudah dibuat.
  6. Melakukan studi Komparasi terhadap sekolah-sekolah yang sudah bertaraf Internasional, dan berusaha mebuat desain kurikulum dan menyiapkan perangkat-perangkat yang diperlukan.
  7. Menjalin kerja sama dengan sekolah-sekolah di dalam negeri.
  1. Tahun Kedua (Tahun Pelajaran 2011-2012)

Pada tahun kedua upaya yang akan ditempah adalah sebagai berikut :

  1. Melakukan promosi secara kontinu di berbagai media baik elektronik, cetak, ataupun internet.
  2. Pembenahan ruang multi media yang representatif untuk pembelajaran, dan terhubung dengan Link ke internet.
  3. Memastikan bahwa sebagian guru dan karyawan sudah menguasai Bahasa Inggris dan kemampuan dasar tentang IT.
  4. Melakukan persiapan yang menyeluruh terhadap kesiapan penyelenggaraan Rintisan Sekolah Bertaraf internasional, baik dalam aspek desain kurikulum, sarana prasarana pendukung, SDM dan perubahan paradigma dari semua pihak yang terkait.
  5. Melakukan pertukaran guru dan pelajar dengan sekolah-sekolah di dalam negeri.
  1. Tahun ke tiga (Tahun Pelajaran 2012 – 2013)

Pada tahun ketiga, yang dilakukan adalah :

  1. Membuka kerjasama yang intensif dengan sekolah-sekolah yang sudah berpengalaman dalam penyelenggaraaan Rintisan Sekolah bertaraf Internasional.
  2. Melakukan studi komparasi dengan sekolah-sekolah baik di dalam maupun di luar negeri.
  3. Terpasangnya akses internet ke tiap kelas dan terpasangnya audio visual / perangkat Multimedia di setiap kelas.
  4. Memastikan bahwa semua guru dan karyawan sudah menguasai Bahasa Inggris dan kemampuan dasar tentang IT.
  5. Melakukan persiapan yang menyeluruh terhadap kesiapan penyelenggaraan Rintisan internasional, baik dalam aspek desain kurikulum, sarana prasarana pendukung, dan perubahan paradigma dari semua pihak yang terkait.
  6. Terpasang CCTV pada lokasi yang strategis.
  7. Terlaksana kerjasama ( MOU) dengan sekolah-sekolah yang sudah bertaraf internasional dan menjajaki kerjasama dengan sekolah di luar negeri.
  1. Lebih rinci lagi SMA Negeri 3 Padang  menetapkan sasaran/ tujuan yang akan dicapai untuk tahun Pelajaran 2011/2012, sebagai berikut :
  1. Memiliki Kurikulum Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, TIK, Ekonomi, Sosiologi dan Bahasa Inggris dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan mengadopsi Kurikulum Internasional ( Cambrigde ).
  2. Tersedianya sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dapat berkomunikasi dengan Bahasa Inggris dan dapat menggunakan ICT dalam proses pembelajaran.
  3. Tersedianya sarana prasarana/media pembelajaran secara lengkap dan dapat difungsikan untuk keperluan pembelajaran (laboratoium komputer, Ruang kelas multimedia, pembelajaran e-learning system dan perpustakaan digital).
  4. Terciptanya kultur sekolah yang mendukung peningkatan dan pengembangan proses pembelajaran.
  5. Tersedianaya management sekolah dengan memanfaatkan ICT dalam administrasi dan proses pembelajaran.
  6. Mengembangkan bidang kesiswaan dengan mengaktifkan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler dan pengembangan diri.
  7. Menumbuh kembangkan program kemitraan dengan instansi pendidikan setara, pendidikan lanjutan baik di dalam negeri maupun di luar negeri.
  8. Terjalin hubungan yang baik dengan instansi pemerintah, komite sekolah dan sekolah satu tingkat dibawahnya ( SMP/MTs yang berkualitas sebagai mitra pemasok Siswa )

 

Kembali ke atas