Kepala Sekolah

Dra. IFNA SUKMI, M.Pd.

NIP. 19680821 199103 2 001

Banner
Bidikmisi
Jajak Pendapat
Bermanfaatkah Website sekolah bagi anda
Ragu-ragu
Tidak
Ya
  Lihat
Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini ?
Bagus
Cukup
Kurang
  Lihat
Agenda
18 September 2021
M
S
S
R
K
J
S
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9

THE WILTING LIGHT KOMPETISI LITERASI EF

Tanggal : 09/10/2021, 11:02:54, dibaca 39 kali.

The Wilting Light

 oleh Sabrina Mareta Jannati

Orang orang akan selalu mencari yang sudah jelas. Kenapa mereka melakukannya? Karena aman. Setelah semuanya,akhir dari keadaan itu sudah memiliki adegan. Memang dari semua cerita, klasik lah yang terbaik.Banyak berbagai pandangan dari mata masyarakat indonesia terhadap bahasa inggris. Sebagian orang sangat mengutamakan dan sebagian lagi memandang sebelah mata.

Suara suara kecil yang selalu akan mengatakan bahwa bahasa inggris tidak mempengaruhi hidup mereka "ngapain sok sok an bahasa inggris?hidup juga di indonesia" panggilan panggilan menggelikan yg disuarakan oleh sebagian orang itu telah menetap di pikiran seperti dinding buruk.Darah yang bersuara seperti itu terkadang termasuk bagian orang yang tidak memedulikan masa depan mereka.

Bahasa inggris memiliki peran penting. Walaupun kita menyelami karir yang tidak bersangkut paut sedikit pun dengan bahasa inggris, pasti di beberapa titik akan merasa malu jika hanya diam dan tidak mengatakan apa pun karena tidak paham.Ada sebuah ilustrasi yang mirip dengan keadaan bahasa inggris di Indonesia.

Dahulu kala hiduplah seekor anak anjing yang pandai, anak anjing itu diikat di bawah pohon rindang. Penduduk desa sangat menyukainya, karena sering bertingkah lucu dan mengibaskan ekornya.Pada siang hari, ia senang bermain dengan anak anak desa, namun pada malam hari ia hanya diam dan kesepian. Suatu hari desa itu terkena wabah yang sangat parah membuat seluruh warga desa kelaparan, mereka satu persatu meninggalkan desa itu. Tapi tak ada satupun dari mereka yang mengingat anak anjing yang terikat di bawah pohon rindang itu.Pada malam hari setelah warga desa terakhir meninggalkan anak anjing itu terikat. Ia menangis dan merengek di bawah pohon rindang sendirian.

Kenapa tidak ada yang mengingat dan melepaskan ikatan dilehernya? Suara hati kecil anak anjing itu. Akhirnya setelah beberapa hari, anak anjing itu sudah mati karena kelaparan dan kehausan.Sampai anak anjing itu mati ia bahkan tidak tau apa alasan nya di ikat dibawah pohon rindang itu.Karena sudah lama terikat anak anjing itu tidak tau cara melepaskan nya, begitulah keadaan minat belajar bahasa inggris di indonesia

Entah sudah berapa kali banyaknya platform ataupun artikel untuk kepentingan internasional pasti memakai bahasa inggris, tentunya. Karena itulah bahasa inggris sangatlah penting. Bahasa inggris sudah seperti pilar penegak untuk kita dimanapun kita berada.Terutama untuk masa depan kita, dalam aspek apapun kebanyakan yang dilihat pertama kali yaitu skill bahasa inggrisnya, jika saja berumpamakan seseorang yang sedang melamar kerja di sebuah perusahaam elit.Tidak mungkin perusahaan itu menerima seorang karyawan yang bahkan tidak tahu apa pun tentang bahasa inggris. Bahkan jika dasar bahasa inggris saja tidak dipegang dengan erat maka sudah jelas pula perkembangan nya hanya memburuk.Saat ini bahasa inggris sudah menjadi bahasa kedua di seluruh penjuru dunia termasuk benua benua besar yang kebanyakan juga negara nya menggunakan bahasa inggris. Tidak ada alasan lagi untuk mengatakan bahwa bahasa inggris itu tidak penting.

Berhentilah membaca cerita klasik dimana tokoh utamanya akan hidup bahagia ditempat ia berada bahkan hanya dengan belajar sungguh sungguh tapi tidak berkembang.Kebanyakan orang indonesia juga banyak menggemari cerita klasik, apalagi jika mengenai pekerjaan. Mereka hanya akan memikirkan bagaimana menghidupi keluarga di kampung halaman dan harus memandaikan diri lebih lagi tanpa memikirkan pentingnya berkembang dan keluar dari garis aman.

Karena bahasa inggris juga bisa menjadi faktor kesuksesan di masa depan. Bahasa inggris adalah ilmu yang menurut saya paling berguna jika dibawa ke mana saja. Dan pandangan orang lain juga tidak akan memandang dengan rendah tanpa berpikir sejenak. Kesuksesan tidak hanya berputar di dalam lingakaran yang itu itu saja. Jika seandai nya kesuksesan sudah berada di tangan tapi karena terhalang oleh bahasa inggris yang buruk, kesuksesan itu lepas seperti buih yang terbang ke udara.Ada sebuah pengalaman menarik yang saya alami dalam mempelajari bahasa inggris, saat umur 9 tahun saya ditinggal oleh bunda ke almarhumah saat itu saya sudah bisa berpikir dengan logis.

Hari itu kakak saya berlangganan dengan channel tv berbayar. Wajar saja jika anak umur 9 tahun belum bisa membantu sana sini dengan pekerjaan rumah, yang ada kemungkinan pekerjaan rumah itu akan semakin kotor ataupun tidak akan beres.Siang itu kakak saya memasak di dapur dan kakak juga abang saya yang lainnya masih berada di sekolah. Tanpa ada hiburan, kakak saya meyalakan tv itu dengan saluran cartoon network. Saluran luar negri yang hanya berisi kartun.

Memang pada awalnya itu hanyalah kartun biasa,tapi tidak ada satupun dari mereka yang mengucapkan bahasa indonesia. Cukup dengan bahasa inggris yang fasih dan diberikan subtitle indonesia di bawahnya.Setiap hari jika yang lain sibuk dengan kegiatannya masing masing. Saya menatap kartun itu dan mendengarkan bahasa inggris yang keluar dari pembicaraan mereka sedangkan mulut saya berkomat kamit membaca arti yang sudah di sediakan.

Mungkin hal yang seperti itu hanya diaanggap hal sepele oleh kebanyakan orang. Tapi saat saat itulah yang membuat bahasa inggris terlihat sangat mudah di pandangan saya sekarang.Sampai sekarang saya sudah fasih berbahasa inggris dan juga pelafalan apalagi spelling perkataan bahasa inggris. Menurut saya itu adalah pengalaman menarik. Karena sudah terbiasa mendengar bahasa inggris di dalam sarana hiburan bagi anak seumuran saya sewaktu itu. Saya mengetahui dengan mudah arti perkata dari bahasa inggris pada awalnya.Sampai sekarang sudah 7 tahun berlalu saya sering menonton film dengan bahasa inggris dan membuat bahasa inggris menjadi sangat mudah.

 

Sebenarnya pada awal akan belajar bahasa inggris kita harusnya jangan menanamkan hal hal bodoh atau berpegang pada pendirian yang membuat pikiran kita mengaggap bahasa inggris itu susah .Seperti "ah malas belajar bahas inggris,nggak paham.susah pokoknya". Inilah yang banyak tertanam di pikiran masyarakat indonesia sebelum mencoba untuk belajar bahasa inggris, apalagi apa yang kita pikirkan sangat berpengaruh dengan hal yang akan kita kerjakan. Maka otomatis tidak akan ada kosa kata yang masuk pada pelajaran bahasa inggris.

Jangan biarkan bahasa inggris menjadi cahaya lampu yang sudah layu di indonesia dengan meneruskan cara berpikir klasik.Siapa bilang masa depan tidak akan bergantung dengan bahasa inggris? Masa depan yang sukses juga harus memiliki kunci bahasa inggris yang baik pula bukan sekedar menguasai suatu bidang saja dan bahasa inggris tidak di pedulikan. Bahasa inggris sudah menjadi bahasa internasional maka jika kita ingin berkembang, kuasai juga lah bahasa inggris. Dengan  semakin banyak orang yang mampu berkomunikasi dalam bahasa inggris maka semakin cepat pula transfer ilmu pengetahuan. Karena banyak buku yang ditulis dalam bahasa inggris juga memiliki  dampak positif dalam segala kegiatan social dapat memperoleh banyak teman bahkan relasi bisnis

Saya generasi muda yang peduli literasi! Artikel ini ditulis sebagai bentuk ikut serta EF Literacy day Competition 2021 #EF literacy



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas

Kembali ke atas