Kepala Sekolah

Dra. IFNA SUKMI, M.Pd.

NIP. 19680821 199103 2 001

Banner
Bidikmisi
Jajak Pendapat
Bermanfaatkah Website sekolah bagi anda
Ragu-ragu
Tidak
Ya
  Lihat
Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini ?
Bagus
Cukup
Kurang
  Lihat
Agenda
18 September 2021
M
S
S
R
K
J
S
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9

APA SIH PENTINGNYA BERBAHASA INGGRIS? KOMPETISI LITERASI EF

Tanggal : 09/10/2021, 11:11:26, dibaca 81 kali.

Nama : Syifa Humaira Jefrimon

Kelas : 11

Asal Sekolah : SMAN 3 Padang

Tema Yang Diambil : Mengapa Bahasa Inggris Jadi Modal di Masa Depanmu

Judul : Apa Sih Pentingnya Berbahasa Inggris?

 

APA SIH PENTINGNYA BERBAHASA INGGRIS?

 

Pertanyaan itu hampir tak pernah luput dari telinga kita, seperti “Apa sih pentingnya bahasa inggris  itu?” atau “ Emang kamu bisa dapat apa dengan berbahasa inggris?. Begitulah pertanyaan yang diajukan oleh orang awam atau orang yang belum pernah membaca atau memahami konteks manfaat dalam berbahasa inggris. Iya, jawabannya adalah tentu saja Bahasa Inggris itu sangatlah penting bagi kehidupan manusia. Bahasa Inggris merupakan Bahasa Internasional yang digunakan oleh manusia di hampir banyak negara. Tak heran, kalau ada beberapa negara di dunia ini menjadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-harinya.

 

Di masa yang semakin canggih dan sangat modern seperti saat ini. Bahasa Inggris sangat di butuhkan untuk membuat inovasi serta kreatifitas baru, orang-orang banyak mempelajari buku ataupun sumber dari buku yang berbahasa inggris ataupun dari buku yang berbahasa lain, namun diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris. Disebabkan itulah teknologi semakin hari semakin berkembang,karena didapatkan dari sumber ilmu yang jelas dan membuat orang paham dengan bahasanya yang baik, dimana sekarang sumber ilmu sangat dominan berasal dari luar negri.

 

Di dunia pekerjaan dan teknologi, Bahasa Inggris sudah tidak diragukan lagi kedudukannya. Banyak orang berbondong-bondong ingin bisa lancar dan paham terhadap Bahasa Inggris untuk kebaikan dirinya karena tahu seberapa besarnya peranan Bahasa Inggris dalam kehidupannya. Disini, saya juga termasuk  ke diantara orang-orang tersebut. Saya juga sangat ingin dapat belajar Bahasa Inggris sehingga saya dapat berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris dengan mudah.

 

  Di era sekarang pun, banyak pekerjaan yang menjadikan skill dalam berbahasa inggris sebagai syarat kelulusan bagi pelamarnya. Terlebih lagi, di masa depan nanti pasti Bahasa Inggris sangat dibutuhkan bagi kebutuhan khalayak banyak. Semakin bertambahnya hari, maka seleksi dalam dunia pekerjaan menjadi sangat ketat. Banyak standar serta syarat yang harus ada pada diri pelamar jika ingin mendapatkan pekerjaan yang baik dan gaji yang tinggi.

 

 

Dalam belajar berbahasa inggris tidak perlu takut untuk mencoba atau malah merasa tidak baik dibandingkan kemapuan orang lain. Sudah banyak terbukti, orang yang gigih dan mau berusaha dalam berbahasa inggris pasti akan mendapatkan hasil yang baik, mereka berhasil membuktikan itu. Mereka dapat fasih berbahasa inggris dengan kegigihan  mereka yang luar biasa dan juga rasa optimis mereka yang besar.

 

Contoh yang dapat saya berikan yaitu Bapaln Alinurdin. Beliau memiliki profesi sebagai tukang becak. Namun, dengan keadaanya yang seperti itu ia mampu serta mahir dalam berbahasa inggris. Berikut video wawancara Pak Alinurdin di Acara Hitam Putih di Trans 7 : https://youtu.be/U1TWy4AgRt4 

Begitulah, penjelasan Pak Alinurdin mengenai kemapuan serta caranya ia mampu berbahasa inggris. Walaupun, usia nya yang tidak cukup muda lagi serta profesinya yang tidak memungkinkan ia membayar guru untuk bisa belajar Bahasa Inggris seperti kebanyakan orang pada saat ini. Pak Alinurdin malah memilih belajar otodidak dan berani berbicara dengan turis yang datang dan memakai jasa nya sebagai tukang becak. Ketika, ada kata “pronunciation” atau “pengucapan” nya salah ketika berkomukasi dengan turis, ia tidak merasa malu. Namun, malah turis itulah yang kemudian memperbaiki serta memberi tahu pengucapan yang benar kepada Pak Alinurdin.

 

Dari kisah Pak Alinurdin, kita dapat tahu bawa jangan pernah takut untuk mau memulai untuk belajar, begitu pula berbahasa inggris, beranilah dalam memulai nya dan jangan takut untuk salah dalam belajar. Karena, salah atau tidak tahu dalam belajar itu merupakan suatu hal yang wajar ketika kita masih sedang  belajar sesuatu. Karena, salah atau ketidaktahuan terhadap sesuatu itulah kita belajar sehingga menjadi benar dan tahu.

 

Di sisi lain seperti di dunia akademik, Bahasa Inggris juga sangat di perlukan dan dipandang . Karena, pengaruh Bahasa Inggris yang cukup besar dalam memajukan bidang akademik di dunia global. Banyak program yang digelar di pendidikan Indonesia  yang berhubungan dengan Bahasa Inggris. Seperti, “Student Exchange Program“ atau  pertukaran pelajar yang dilakukan baik pemerintah Indonesia, perusahaan-perusahaan ternama dan institusi lainnya. Indonesia pernah melakukan pertukaran belajar  dengan negara-negara luar,  seperti Amerika Serikat, Autralia, Jepang,Korsel,dll.

 

Bahasa Inggris juga dibutuhkan jika anda ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi lagi, seperti S1,S2, maupun S3 di perguruan tinggi terkemuka. Biasanya syarat nya berupa nilai TOEFL yang berada diatas 500. Jangan sampai anda,saya, dan siapapun tidak bisa melanjuti pendidikan yang di impikan hanya karna salah satu syarat yang tidak lolos. Jangan menyesal,hanya karna anda tidak mahir dalam bahasa inggris menjadikan anda harus berhenti di dunia pendidikan.

 

Bagi anda yang masih menganggap Bahasa Inggris itu tidak penting. Hentikan ego dan perasaan diri anda yang bermalas-malasan dalam mencoba belajar Bahasa Inggris. Coba berhenti sejenak, dan mulai renungkan apa yang salah dengan diri anda. Kemudian, coba fikirikan orang yang anda sayangi. Bagaimana perasaan mereka ketika tahu anda gagal di masa depan nanti hanya karena tidak mahir dalam Bahasa Inggris. Apa yang akan mereka rasakan, bayangkan diri anda telah hilang kesempatan yang begitu banyak karena telah menyia-nyiakan waktu anda dalam belajar Bahasa Inggris.

 

Anda tidak akan menyesal jika anda telah mahir berbahasa inggris karena salah satu modal untuk sukses di masa depan sudah berada di genggaman anda. Di konteks kehidupan saat ini, kelahiran manusia terus bertambah dan populasi manusia semakin banyak. Dengan keadaan seperti ini, tentunya manusia pasti akan berinteraksi satu sama lain dengan salah satunya komunikasi. Komunikasi yang digunakan pasti menggunakan bahasa yang dapat membuat dua pihak saling mengerti apa yang mereka bicarakan.

 

Manusia beraneka ragam asalnya, yang mana mereka berasal dari sekian banyaknya negara yang ada di seluruh penjuru dunia,dan  kita dipersatukan salah satunya dengan bahasa. Nah, Bahasa Inggris juga merupakan salah satu bahasa yang dapat mempersatukan manusia,  karena yang pada awalnya berasal dari negara yang berbeda satu sama lain kemudian dipersatukan dengan Bahasa Inggris

 

  Anda sudah pasti tau bahwa Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Bahasa Inggris disebut sebagai bahasa kedua setelah bahasa kenegaraan kita. Karena, Bahasa Inggris juga adalah bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Banyak yang berfikir Bahasa Inggris itu sulit. Namun, prasangka anda sama sekali tidak benar. Bahasa Inggris meruapakan salah satu bahasa termudah yang bisa kita pelajari tanpa perlu guru atau kabar baiknya saking mudahnya Bahasa Inggris kita juga dapat belajar secara otodidak untuk belajar Bahasa Inggris.

 

Akan tetapi, itu semua tergantung niat yang ada di hati anda sendiri. Apakah anda benar-benar ingin mengubah diri anda menjadi lebih baik dan ingin hidup baik di masa depan. Pasti anda tidak ingin menjadi orang yang gagal. Karena, tentunya sudah pasti anda  ingin mendapatkan kesuksesan dan kebahagiaan bagi diri anda dan juga membahagiakan orang yang anda sayangi.

 

Maka, jangan pernah menganggap Bahasa Inggris itu sebagai suatu hal sepele yang tidak anda butuhkan dalam hidup. Mari sama-sama kita ubah pola pikir yang baik terhadap Bahasa Inggris, sehingga kita tidak berprasangka yang salah lagi terhadap Bahas Inggris. Sudah banyak contoh yang saya berikan seperti Pak Alinurdin, ia mampu belajar Bahasa Inggris dengan keadaannya yang seperti itu dan juga saya stelah menjelaskan seberapa pentingnya serta apa manfaat yang akan didapatkan ketika anda telah mahir berbahasa inggris di era zaman sekarang maupun di era yang akan datang di kehidupan yang anda jalani. Mulai dari sekarang, tanamkan di diri anda “Saya yakin dengan mengusai Bahasa Inggris, saya bisa berhasil di masa depan !”.

 

Daftar Referensi :

Trans 7. 2019 . ALINURDIN, Pengayuh Becak Mahir Berbahasa Inggris  HITAM PUTIH (10/09/2019) Part 2 : https://youtu.be/U1TWy4AgRt4 

 

Saya generasi muda yang peduli literasi! Artikel ini ditulis sebagai bentuk serta ssEF Literacy Day Competition 2021: https://www.ef.co.id/writing-competition



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas

Kembali ke atas